Sabtu, 12 Mei 2012

Cara merakit komputer




Pada umunya cara merakit komputer tidaklah susah-susah banget. Yang penting kita mengerti sedikit masalah hardware dan software. Secara garis besar bagaimana merakit komputer akan kita bagi 2 bagian besar, yaitu:
1. Apa saja hardware yang dibutuhkan dan bagaimana cara merakitnya.
2. Operating sistem apa yang anda mau gunakan dan bagaiman cara menginstalnya

Hardware utama yang dibutuhkan untuk membuat sebuah komputer adalah:

1. Processor
Processor yang paling banyak digunakan orang adalah buatan dari intel dan saingannya adalah AMD. Anda bisa memilih sesuai dengan selera anda.
2. Motherboard
Komponen yang satu ini harus anda sesuaikan dengan processor yang akan anda pakai. Bukan cuma tergantung dari brand processornya saja, tapi juga tergantung dari type processor. Anda akan bisa temukan ini di kemasan, manual atau resource dari internet. Motherboard yang paling popular saat ini buatan dari Asus, Gigabyte, MSI. Untuk tingkat harga bersaing banyak buatan dari ECS, Biostar dll.
3. Memory
Saat ini sebagian besar personal komputer menggunakan DDR2, tapi anda harus pastikan kembali sesuai spesifikasi motherboard anda.
4. Harddisk
Ini jamannya hardisk SATA, tapi anda harus sesuaikan kembali dengan spesifikasi motherboardnya.
5. Casing + Power Supply
Saat anda beli casing biasanya sudah bundle dengan power supplynya. Sesuaikan power supply dengan kebutuhan daya minimum Mobo-nya. Lebih besar daya power berarti lebih bagus. Untuk casing sesuaikan dengan selera anda.
6. Monitor
Saya anjurkan beli LCD saja. Karena harganya tidak jauh beda dengan CRT. Keuntungan yang anda dapat dari LCD banyak, antara lain: Konsumsi power lebih kecil, mata anda enak melihatnya.
7. CD/DVD Room
Digunakan pada saat instalasi OS dan program lainnya dari CD/DVD.
Selain Item di atas perlu juga anda perhitungkan peralatan tambahan seperti printer, speaker, modem dan accesories lainnya.

Cara pembuatannya mudah saja, berikut langkah mudah yang bisa anda ikuti:

-Pasang motherboard di Casing. Kencangkan semua bautnya.
-Pasang processor di motherboard.
-Pasang memory di motherboard.
-Konek kabel untuk front panel ( Power switch, reset button, lampu indikasi, front audio, front usb) sesuai petunjuk di manual instalasi motherboard.
-Konek kabel dari power supply ke mother board.
-Pasang harddisk dan cd room di casing. Connect kabel power untuk HD dan CD/DVD
-Rapikan kabel dan tutup casing anda
-Hubungkan kabel monitor dan kabel power supply.

Sampai di sini komputer anda siap untuk dihidupkan. Langkah selanjutnya adalah instalasi operating system. Masukkan CD/DVD instalasi operating system ke CD/DVD room. Hidupkan komputer anda dan ikuti langkah sesuai yang ada di monitor untuk instalasi Operating System ( Windows, Linux, dll )Anda.
Semoga berhasil...

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Follow By Twitter

 

NRT LPU. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com