Kamis, 03 Mei 2012

28 Teka-Teki Dengan Jawaban Tak Terduga




#1
Pertanyaan:
Sebuah jam dinding berdentang 1 kali pada jam 1, 2 kali pada jam 2, dan seterusnya hingga berdentang 12 kali pada jam 12. Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang selama 3 detik. Berapa detik yang diperlukan jam dinding tersebut untuk berdentang pada jam 6?
Jawaban:
7,5 detik
Asumsi:
Waktu setiap dentangan sangat kecil jika dibandingkan waktu jeda antardentangan, sehingga waktu setiap dentangan ini dapat diabaikan.
Penjelasan:
Pada jam 3, jam dinding tersebut berdentang 3 kali selama 3 detik. 3 kali berdentang berarti terdapat 2 buah jeda antardentangan (jeda antara dentangan pertama dan kedua, dan jeda antara dentangan kedua dan ketiga). Artinya, jeda antardentangan ini adalah 1,5 detik. Jika kurang jelas, perhatikanlah ilustrasi berikut.
TENG —— (1,5 detik) —— TENG —— (1,5 detik) —— TENG
Jadi, pada jam 6, terdapat 5 jeda antardentangan. Sehingga waktu yang dibutuhkan adalah 5 x 1,5 detik = 7,5 detik.
Notes:
Perbedaan asumsi mungkin membuat perbedaan jawaban. Namun, intinya waktu jeda antardentangan harus diperhatikan.

#2
Pertanyaan:
Jika diperlukan waktu satu menit untuk merebus satu telur, berapa waktu yang diperlukan untuk merebus sepuluh telur?
Jawaban:
Satu menit
Penjelasan:
Rebus saja sekaligus.


#3
Pertanyaan:
A bepergian dengan mobil mulai dari kota P ke kota Q dengan kecepatan tetap 75 km/jam. B juga bepergian dengan mobil mulai dari kota Q ke kota P dengan kecepatan tetap 50 km/jam. Jika A dan B berangkat pada waktu yang bersamaan, saat A dan B bertemu, siapa yang lebih dekat dengan kota P?
Jawaban:
sama-sama dekat
Penjelasan
Jika A dan B bertemu, berarti A dan B memiliki jarak yang sama dengan kota P.

#4
Pertanyaan:
Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100?
Jawaban:
20 kali.
Penjelasan:
Angka 7 muncul sekali di 18 bilangan, yaitu: 7, 17, 27, 37, 47, 57, 67, 70, 71, 72, 73, 74, 75, 76, 78, 79, 87, 97
Angka 7 muncul dua kali di 1 bilangan, yaitu: 77
Total angka 7 muncul 20 kali (18 x 1 + 1 x 2).


#5
Pertanyaan:
A ingin pergi dengan mobil dari kota P ke kota Q dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Ternyata, setengah perjalanan pertama ditempuh A dengan kecepatan rata-rata 30 km/jam. Berapa kecepatan rata-rata yang harus dicapai A saat dia menempuh setengah perjalanan sisanya sehingga pada akhirnya dia dapat mencapai kecepatan rata-rata keseluruhan 60 km/jam?
Jawaban:
Menurut saya kecepatan yang dipelukan mendekati kecepatan cahaya(3×10^8 km/s) , agar bisa sampai ke kota Q dalam waktu krg dari 1 detik.
Saya umpamakan jarak kota P ke Q 300 km(hanya permisalan saja). A ingin kec rata2 60 km/jam. Maka dia akan sampai dalam waktu 5 jam. Tapi kasusnya disini dia menempuh 150 km dengan kec rata2 30 km/jam. Maka dia sudah memakan waktu 5 jam. Jadi agar kec rata2 nya 60 km/ jam(300 km/5 jam), dia harus memakan waktu dalam sekejap mata….
jawabannya “ga mungkin” atau “dia harus menempuh setengah jarak sisanya dengan kecepatan tak terhingga”, karena waktu yang diperlukan untuk menempuh seluruh jarak dengan kecepatan 60 km/jam telah dihabiskan pada setengah jarak awal. Jadi, untuk mencapai target, setengah jarak akhir harus ditempuh dalam waktu 0 detik.

#6
Pertanyaan:
Pada waktu mencari air, seekor katak terjatuh ke dalam dasar sumur dengan kedalaman 30 meter. Pada waktu siang, katak tersebut berhasil memanjat naik 5 meter, namun pada malam hari katak tersebut merosot turun 4 meter. Begitu terus setiap harinya. Pada hari ke berapa katak tersebut dapat keluar dari dalam sumur tersebut?
Pertanyaan:
Seorang saudara si tukang kayu meninggal dunia dan mewariskan warisan senilai satu milyar Rupiah kepada saudara laki-laki satu-satunya. Namun, si tukang kayu tidak pernah menerima warisan sedikit pun meskipun warisan itu sah. Mengapa itu bisa terjadi?
Jawaban:
Karena si tukang kayu adalah saudara perempuannya.

#7
Pertanyaan:
Adalah lima jilid ensiklopedia berjejer rapi di rak buku dengan susunan terurut dari jilid 1 sampai jilid 5. Suatu hari, Upik mengambil ensiklopedia jilid 1, dan membuka halaman pertamanya. Tiba-tiba seekor rayap jatuh dari langit-langit ke halaman pertama dari buku itu. Upik langsung menutup ensiklopedia tersebut, meninggalkan rayap tersebut di halaman pertama buku jilid 1, dan menaruh kembali ensiklopedia tersebut di tempat semula. Tanpa sepengetahuan upik, rayap itu mulai menggerogoti ensiklopedianya dan beberapa hari kemudian rayap tersebut sudah ada di halaman terakhir ensiklopedia jilid 5. Jika diasumsikan rayap menempuh perjalanan horizontal dalam menggerogoti buku, dan setiap jilid memiliki tebal 4 cm tanpa sampul, dan tebal sampul depan serta sampul belakang masing-masing 1 cm, berapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sang rayap?
Jawaban:
20 cm
Penjelasan:
Cobalah susun lima buku di rak buku secara vertikal dan berurut. Perhatikan letak halaman pertama buku 1 dan halaman terakhir buku 5.

#8
Pertanyaan:
Adalah seorang anak laki-laki yang mempunyai kebiasaan aneh, yaitu mengulangi setiap suara yang didengarnya. Suatu hari, ayah anak tersebut berkata, “Nak, ayo kita makan malam bareng…”, tapi anak laki-laki tersebut tidak berkata apa-apa. Mengapa bisa begitu?
Jawaban:
Karena anak tersebut tidak mendengar perkataan ayahnya.

#9
Seorang gadis yang baru bisa menyetir melalui sebuah jalan raya dengan arah yang salah (melawan arus), padahal jalan tersebut adalah jalan satu arah. Tapi, dia tidak melanggar hukum. Bagaimana bisa?
Jawaban:
Karena gadis tersebut melalui jalan itu dengan berjalan kaki.

#10
Pertanyaan:
Apa yang muncul satu kali di setiap menit, dua kali di setiap malam, tetapi tidak muncul sekali pun dalam jutaan tahun?
Jawaban:
Huruf “m”.

#11
Pertanyaan:
Andi mempunyai roti sebanyak 5 biji, Budi mempunyai roti sebanyak 7 biji, sedangkan Cici mempunyai uang sebanyak Rp 1200. Roti itu kemudian dibagi 3 sama rata, sedangkan uang tadi dibagi antara Andi dan Budi. Bagaimana pembagian uang yang adil?
Jawaban:
Andi mendapatkan Rp 300 dan Budi mendapatkan Rp 900.
Penjelasan:
Andi memberikan 1 roti pada Cici dan Budi memberikan 3 roti pada Cici.

#12
Pertanyaan:
Dapatkah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya bernilai lebih besar dari pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya?
Jawaban:
Dapat.
Penjelasan:
Contoh: (-1)/3 > 2/(-3)

#13
Pertanyaan:
Tanpa menggunakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, susunlah 6 angka 9 sehingga mempunyai nilai 100.
Jawaban:
99 99/99

Pertanyaan:
Sebuah pesawat terbang dari Jakarta ke Medan dalam waktu 1 jam 20 menit, tetapi pesawat tersebut dapat terbang dari Medan ke Jakarta dalam waktu 80 menit. Mengapa bisa begitu? Asumsi: tidak ada angin sepanjang perjalanan.
Jawaban:
Memang seharusnya demikian…
Penjelasan:
1 jam 20 menit = 80 menit.

#14
Pertanyaan:
Adalah dua kakak beradik yang jumlah umurnya 11 tahun. Yang satu 10 tahun lebih tua dari yang lain. Berapakah umur mereka masing-masing?
Jawaban:
Sang kakak berumur 10 tahun 6 bulan, dan sang adik berumur 6 bulan.

#15
Pertanyaan:
Bagaimana mengukur waktu 9 menit dengan menggunakan jam pasir 4 menit dan jam pasir 7 menit?
Jawaban:
Mulailah kedua jam secara bersamaan. Ketika gelas yang 4 menit selesai, balik. Ketika gelas yang 7 menit selesai, balik. Semenit kemudian, gelas yang 4 menit selesai; 8 menit akan berlalu dan akan ada waktu 6 menit untuk pasir di bagian atas gelas yang 7 menit dan 1 menit untuk pasir yang ada di dasar, lalu baliklah gelas yang 7 menit, dan semenit kemudian waktu 9 menit akan tercapai.

#16
Pertanyaan:
Dua kakak beradik suatu hari ditanya siapakah dari mereka yang lebih tua. “Akulah yang lebih tua,” kata yang laki-laki. “Aku yang lebih muda,” kata yang perempuan. Akhirnya diketahui bahwa sekurangnya salah satu dari keduanya sudah berbohong. Siapakah yang lebih tua?
Jawaban:
Yang perempuan yang lebih tua.
Penjelasan:
Pernyataan keduanya tidak saling kontradiksi. Artinya, entah keduanya benar atau keduanya salah. Karena diketahui setidaknya satu dari keduanya telah berbohong, maka itu berarti keduanya salah. Karena itu, yang lebih tua adalah yang perempuan yang berkata “aku yang lebih muda.”

#17
Pertanyaan:
Ada 12 buah gelas di atas nampan, dan kamu mengambil 7 buah gelas dari atas nampan tersebut. Berapa gelas yang ada di tanganmu sekarang?
Jawaban:
7 buah.
Penjelasan:
Ada 7 buah gelas di tanganmu dan 5 buah gelas di atas nampan.

#18
Pertanyaan:
Sebuah keluarga besar terdiri dari tujuh anak laki-laki dan masing-masing mempunyai satu saudara perempuan. Berapa orang yang ada pada keluarga tersebut?
Jawaban:
10, jika ayah dan ibu mereka turut dihitung
Penjelasan:
Keluarga tersebut terdiri dari ayah, ibu, 7 anak laki-laki, dan seorang saudara perempuan yang menjadi saudara perempuan ketujuh anak laki-laki tersebut.

#19
Pertanyaan:
Petani bernama Paijo mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama?
Jawaban:
18 hari
Penjelasan:
Sangat disayangkan, Anda tidak dapat memendekkan proses penetasan telur dengan menambah jumlah ayam. Tentu saja, 30 ayam betina tersebut juga akan membutuhkan waktu 18 hari untuk menetaskan teluar mereka.

#20
Pertanyaan
Kamu mempunyai sebuah botol. Lalu kamu memasukkan sebuah koin ke dalam botol tersebut. Kemudian kamu menyumbat botol tersebut dengan sebuah gabus. Bagaimana kamu bisa mengeluarkan koin dari dalam botol tersebut tanpa menarik gabus tersebut atau memecahkan botol tersebut?
Jawaban
Dorong gabus tersebut hingga masuk ke dalam botol, lalu balikkan dan kocok botol tersebut hingga koin di dalamnya keluar.

#21
Pertanyaan
Suatu saat, seorang anak merayakan ulang tahunnya. Dua hari kemudian, saudara kembarnya yang lebih tua yang merayakan ulang tahunnya. Bagaimana hal ini mungkin terjadi?
Jawaban
Saudara kembar anak tersebut, yang lebih tua, lahir di atas kapal pada pagi-pagi sekali pada tanggal 1 Maret. Lalu, kapal tersebut melewati “International Date Line”, dan anak tersebut lahir pada tanggal 28 Februari. Pada tahun kabisat, si anak yang lebih muda akan merayakan ulang tahun dua hari sebelum kakak kembarnya berulang tahun.

#22
Pertanyaan
Pada sebuah turnamen sepak bola, terdapat 143 tim yang akan bertanding. Turnamen ini dilakukan dengan memasangkan setiap 2 tim dari 143 tim yang ada untuk bertanding. Tim yang tidak mendapatkan giliran bertanding (apabila jumlah tim ganjil) akan langsung maju ke babak berikutnya. Tim yang kalah akan langsung gugur, dan yang menang akan maju ke babak berikutnya, dan dilakukan hal yang sama sampai diperoleh juaranya. Berapa banyak pertandingan keseluruhan yang ada pada turnamen ini?
Jawaban
142 pertandingan.
Penjelasan
Pada setiap pertandingan, akan ada satu tim yang kalah/gugur, sehingga jumlah tim yang tersisa akan berkurang satu di setiap pertandingan. Setelah 142 pertandingan dilakukan, jumlah tim yang tersisa adalah satu tim, yaitu tim juara.

#23
Pertanyaan
Berapa banyak tanah di dalam sebuah lubang di tanah yang panjangnya 25 m, lebarnya 6 m, dan dalamnya 2 m?
Jawaban
0 meter kubik.
Penjelasan
Tidak ada tanah di dalam LUBANG. Lubang adalah suatu tempat di mana tidak terisi tanah di sana.
#24
Pertanyaan
Apakah 0,99999… (jumlah 9 tidak terhingga) lebih kecil dari 1?
Jawaban
Tidak
Penjelasan
0,99999… = 1.
1/3 = 0,33333…
1/3 x 3 = 1
0,33333… x 3 = 0,99999…
Jadi, 0,9999… = 1

#25
Pertanyaan
Bagaimana membagi 5 buah apel di dalam keranjang secara adil sehingga setiap anak mendapatkan 1 apel dan tersisa 1 apel di dalam keranjang?
Jawaban
4 anak mendapatkan masing-masing 1 apel, dan anak kelima mendapat 1 keranjang berisi 1 apel.
Penjelasan
Sudah jelas.

#26
Pertanyaan
Bagaimana membagi satu buah kue tart menjadi 8 potong hanya dengan 3 kali memotong?
Jawaban
Dua kali potong secara horizontal, satu kali potong secara vertikal
Penjelasan
Potongan horizontal pertama dan kedua akan membagi kue tart menjadi 4 bagian. Potongan vertikal (dari sisi samping kue) akan membuat 4 potongan tersebut berlipat menjadi 8 bagian.

#27
Pertanyaan:
Kota Bogor dikenal dengan kota hujan karena terkenal sebagai kota yang sering hujan. Semua penduduk setempat mengenakan jas hujan, tapi Albert, seorang turis yang sedang berlibur di Bogor, tidak membawa jas hujan, topi, atau payung. Dia sedang duduk di dalam sebuah restoran dan membaca koran untuk menghabiskan waktu. Namun, akhirnya dia memutuskan untuk pulang ke hotelnya. Dia keluar dari restoran, berjalan kaki melewati sebuah lapangan besar dan sebuah taman tanpa pohon. Dia akhirnya sampai ke hotel tempatnya menginap, tapi dia tidak basah sedikit pun. Bagaimana mungkin?
Jawaban:
Hari tidak sedang hujan.

#28
Pertanyaan:
Mana yang lebih besar, 18 persen dari 81 atau 81 persen dari 18?
Jawaban:
Sama besar.
Penjelasan:
18 persen dari 81 = (18/100) * 81 = (81/100) * 18 = 81 persen dari 18


sumber:charleschristian.wordpress.com

Artikel Terkait:

4 komentar:

Anonim mengatakan... Reply

Terimakasih,,,, atas ....


Penasaran? Gaboleh tau...!!!

satria utama on 31 Maret 2015 08.19 mengatakan... Reply

no 6
pada hari ke 26

Carlos Petra on 11 Mei 2016 22.21 mengatakan... Reply

Itu salah no. 24 kalo memang 0,999...=1 apakah 0,999...×2 =2 coba tulis itu di kertas kalo perlu buat di kalkulator pasti hasilnya 1,999...8 itu hasinya 1 karena adanya pembulatan

Hakim Asmui on 30 Mei 2016 05.58 mengatakan... Reply

Yuk test juga beberapa teka-teki disini. http://postmu.smartvision.co.id

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Follow By Twitter

 

NRT LPU. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com