Minggu, 15 April 2012

Misteri bilangan sempurna semu



Di Postingan kali ini, saya mau meperkenalkan ke kalian, bilangan yang misterius bernama bilangan sempuna semu (Quasiperfect numbers) . Kenapa saya katakan misterius?
Karena sampai detik ini tidak diketahui apakah bilangan sempuna semu itu ada atau tidak.
Untuk memahami apa itu bilangan sempurna semu pertama-tama kita harus paham bilangan sempurna.

Bilangan Sempurna.


Bilangan sempurna atau Perfect numbers adalah bilangan bulat positif yang merupakan hasil dari jumlah faktor-faktornya kecuali bilangan itu sendiri,
Bilangan sempurna pertama adalah 6, faktor dari 6 adalah {1.2.3.6} dan 6=1+2+3. Yang kedua adalah 28 karena 28=1 + 2 + 4 + 7 + 14
Seorang matematikawan dari abad ke 1 Nicomachus (60-120M) menemukan keempat pertama bilangan sempurna yaitu 6, 28, 496, dan 8.128. Dua bilangan selanjutnya adalah 33.550.336 dan 8.589.869.056
Ampe detik ini semua bilangan sempurna yang ditemukan adalah genap.

Keberaadaan bilangan sempurna yang ganjil masih misteri, para ahli matematika percaya bahwa ada bilangan sempurna yang ganjil, tapi berapakah bilangan tersebut???
Kalaupun ada bilangan sempurna yang ganjil maka bilangan itu lebih besar dari 100 quindecillion (10^{50} atau 1 diikuti dengan  50 nol)

Bilangan sempurna semu

Bilangan sempurna semu (QuasiPerfect numbers) adalah bilangan bulat positif yang merupakan hasil dari penjumlahan faktor-faktornya kecuali bilangan itu sendiri dan 1.
Jadi Bilangan sempurna semu mirip dengan Bilangan sempurna, bedanya pada bilangan sempurna semu kita menghilangkan 1 dari penjumlahan faktor-faktornya.
Seperti yang sudah saya katakan diatas. Sampai detik ini tidak diketahui apakah bilangan sempurna semu itu ada atau tidak.
Para Matematikawan percaya, jika bilangan sempurna itu ada haruslah lebih besar dari 10^{35} dan mempunyai 7 faktor prima berbeda.


Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Follow By Twitter

 

NRT LPU. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com