Selasa, 17 April 2012

Mengenai Mangekyou Sharinggan




1. Amaterasu

Nama : Amaterasu
Kanji : 天照
Nama inggris : Illuminating Heaven
Debut :
-Manga Chapter # 148
-Anime Naruto Episode # 85
-Video Game Naruto: Ultimate Ninja 2

-Muncul dalam Anime, Manga dan Game
Klasifikasi : Mangekyo Sharingan, Kekkei Genkai, Ninjutsu, dojutsu.
Jenis : Elemen api
Kelas : Serangan
Rentang : jarak pendek
Jutsu terkait :
* Blaze Release: Kagutsuchi
* Perisai Api Hitam
* Susanoo
o Teknik Meteorit
o Perisai Api Hitam
o Yasaka Magatama
Pengguna : Uchiha itachi, Uchiha sasuke, Uchiha madara.

Keterangan :

Amaterasu adalah tingkat tertinggi dari Teknik Api, menurut Zetsu, teknik ini adalah salah satu ninjutsu paling kuat yang pernah ada.

api hitam dari Amaterasu, dikatakan api yang berasal dari neraka panas seperti matahari, meskipun dikatakan tak dapat menghindarinya jika terkena, namun Amaterasu telah dapat dihindari beberapa kali. Uchiha Sasuke berhasil menghindari api ketika Itachi mencoba fokus menyerang kearah sasuke, meskipun Itachi tidak benar-benar ingin membunuh sasuke dan berhasil memukul Sasuke tak lama setelah itu, dan Raikage A dengan menggunakan Pelindung Petirnya sehingga meningkatkan teknik shunshin no jutsu miliknya juga dapat menghindari serangan jarak pendek dari Amaterasu yang sempat diluncurkan padanya oleh Sasuke. Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan untuk menghindari serangan ini tampaknya dilihat dari tekad dan keterampilan seorang shinobi.

Api yang bahkan mampu membakar apapun ini dikatakan tidak bisa padam sampai tujuh hari tujuh malam tanpa teknik khusus tertentu, dan dapat melahap apapun sampai menjadi abu. Namun, dalam proses pembakaran, api ini cukup lambat, sehingga siapapun yang dikejutkan oleh Amaterasu masih memiliki kesempatan untuk melepas pakaiannya jika terbakar atau memotong bagian tubuhnya sendiri yang terkena api. Namun ada cara lain, Nagato mampu membelokkan api hitam itu dari tubuhnya dengan menggunakan Shinra Tensei. Penggunaan teknik ini juga memiliki dampak buruknya, yakni juga dapat menyebabkan mata mereka mmengeluarkan darah.

Itachi Uchiha, yang menggunakan mata Mangekyo Sharingan bagian kanan, mampu memadamkan api ini sampai batas tertentu. Sebelum kematiannya, Itachi mengimplan beberapa api hitam ke mata Sasuke yang dirancang aktif saat melihat Sharingan Tobi. Setelah sasuke mendapatkan sendiri Mangekyo Sharingan, dia kemudian dapat menggunakan Amaterasu-ya sendiri. Amaterasu Sasuke berasal dari mata kirinya, dan C mengatakan bahwa dia lebih terampil menggunakannya daripada Itachi, ia bisa memadamkan api dengan lebih mudah dan bahkan dapat memanipulasi api sendiri sebagai bagian dari elemen "Blaze/Enton".

Referensi:

1. Databook Kedua, halaman 200
2. Databook Ketiga, halaman 289
3. Naruto chapter 389, halaman 1
4. Naruto chapter 390, halaman 3
5. Naruto chapter 390, halaman 4-5
6. Naruto chapter 463, halaman 12
7. Naruto chapter 464, halaman 12(DWNS)

2. Tsukuyomi

Nama : Tsukuyomi
Kanji : 月読
Nama Inggris : Moon Reader
Debut :
-Manga Chapter # 142
-Anime Naruto Episode # 82
-Video Game Naruto: Ultimate Ninja 2
-Muncul dalam Anime, Manga dan Game
Klasifikasi : Mangekyo Sharingan, Kekkei Genkai, Genjutsu, Dojutsu.
Kelas : Tambahan
Rentang : jarak pendek
Jutsu lain : Susanoo, Amaterasu
Pengguna : Uchiha Itachi, Uchiha Sasuke, Madara Uchiha

Menurut Zetsu, Tsukuyomi adalah salah satu genjutsu paling hebat yang pernah ada. Teknik ini merupakan teknik unik klan Uchiha dan hanya mereka dengan Mangekyo Sharingan yang dapat melakukannya.

Tsukuyomi membutuhkan kontak mata dahulu untuk mengaktifkannya. Ketika berhasil terperangkap teknik ini, secara penuh lawannya akan benar-benar dapat dikendalikan oleh pengguna. Kecakapan Itachi saat menggunakan memungkinkan dia memerangkap lawannya selama beberapa minggu dalam dunia genjutsu, padahal di dunia nyata hanya berlangsung beberapa detik saja. Hal ini juga memungkinkan dia untuk menyiksa target sampai akhir, sehingga menyebabkan trauma mental yang akan membuat lawannya tidak mampu melawan atau melakukan apapun. Setelah Itachi memperagakan teknik ini pada kakashi, Kisame sempat terkejut bahwa Kakashi masih hidup. Terbukti, Hanya Tsunade yang mampu menyembuhkan kerusakan psikologis akibat dari teknik ini.

Di dalam anime Bagian I, saat Itachi menggunakan Tsukuyomi biasanya ditunjukkan bulan merah serta sorotan lampu merah yang mengisi seluruh ruang ilusi dengan suasana mendung, serta memberikan latar belakang tampilan berwarna merah darah pada korban yang disiksa dalam dunia ilusi.

Sasuke juga dapat menguasai Tsukuyomi tapi dinyatakan dia masih berada jauh dibawah level itachi saat menggunakan teknik ini. Dan juga ini memperlihatkan dimana dia belum sepenuhnya menguasai teknik ini.

Rencana Mata Bulan yang dikatakan Tobi juga masuk dalam pengaruh "Tsukuyomi Tak Terbatas" (無限月読, Mugen Tsukuyomi). Sementara itu juga belum diketahui apakah Tobi mampu menggunakan Tsukuyomi normal, namun, Madara Uchiha kemungkinan besar dapat menggunakan dengan baik Tsukuyomi dan Amaterasu karena ditunjukkan dia mampu membangkitkan kekuatan ketiga dari Mangekyo Sharingan, Susanoo.

Referensi :

1. Databook Kedua, halaman 252-253
2. Naruto chapter 389, halaman 1
3. Naruto chapter 388, halaman 14(DWNS)

3. Susanoo

Nama : Susanoo
Kanji : 須佐能乎
Nama Inggris : He with the ability to help by all means
Nama lain : (勇武の荒神, Yūbu no Aragami)
Debut :
-Manga Chapter # 391
-Anime Naruto Shippūden Episode # 138
-Naruto Shippūden Video Game: Ultimate Ninja Heroes 3
-Muncul dalam Anime, Manga dan Game
Klasifikasi : Mangekyo Sharingan, Kekkei Genkai, Ninjutsu, dojutsu.
Kelas : Serangan, Pertahanan
Rentang : Semua rentang
Induk jutsu : Amaterasu, Tsukuyomi
Jutsu lain : Teknik Meteorit, Perisai Api Hitam, Yasaka Magatama.
Pengguna : Uchiha Itachi, Uchiha Sasuke, Uchiha Madara.

Keterangan :

Susanoo adalah kemampuan ketiga yang diberikan oleh Mangekyo Sharingan setelah dapat menggunakan dua kemampuan lainnya di kedua mata. Teknik Ini menciptakan sebuah makhluk, humanoid raksasa yang mengelilingi penggunanya. Sebagai teknik terkuat, tekni itu juga bisa digunakan sebagai dewa penjaga sang penggunanya, tetapi pada saat yang sama, juga berdampak pada pengguna.

Menurut Tobi, sangat langka bagi pengguna Sharingan untuk mengaktifkan Susanoo. Seperti teknik-teknik lain yang diberikan oleh Mangekyo Sharingan, mata pengguna dan tubuhnya akan merasa tegang ketika menggunakan Susanoo karena menyedot sejumlah besar chakra mereka. Susanoo terbentuk melalui campuran chakra pengguna dan karena itu juga berbeda dalam penampilannya serta warna antara masing-masing pengguna.

Meskipun kemampuan mengesankan Susanoo yang defensif, perlindungan dari susanoo juga dibilang sangat mutlak. Meskipun melindungi pengguna, Susanoo tidak dapa menjaga tepat sampai dbawah kaki pengguna, sehingga memungkinkan lawan untuk menyerang mereka dari bawah. Sehingga memungkinkan lawan untuk memisahkan antara pengguna dari Susanoo, serta membatasi gerakannya.

Dalam bentuk pertamanya, pengguna hanya bisa menggunakan kerangka susano'o, dalam wujud ini sasuke menunjukkan beberapa tulang susano'o yang masih rapuh dan mudah di patahkan. Tapi karena bentuknya yang tidak mengurung pengguna. Pengguna dapat bergerak leluasa.

Setelah pengguna mendapat kendali cukup jauh. perubahan selanjutnya dari susano'o adalah mulai munculnya otot dan kulit pada tulang dan mulai membuat tulang akan memiliki kepadatan yang kuat, Tumbuh ke ukuran raksasa dan akan melindungi dan membungkus penggunanya. Susano'o juga dapat mengubah ukurannya sesuai kebutuhan penggunanya .
Susano'o pada akhirnya akan berkembang sebagai prajurit dengan bentuk sempurna. Dengan di selimuti kulit, baju besi dan berbagai senjata akhirnya, sampai pada akhirnya wujud susano'o akan terbungkus sesuatu dan menyerupai yamabushi.

Versi itachi:

Susano'o itachi memiliki chakra merah. Di tangan kiri susano'o akan ada perisai cermin yata. Cermin di berkahi dengan seluruh transformasi alam. Yang membuatnya dapat mengubah karakteristiknya sendiri sesuai karakteristik serangan yang di dapatnya. Membuat teknik efektif. Di tangan kanan akan ada pedang totsuka yang muncul di bawah tangan ketiga yang muncul dari lengan kanan bawah susano'o. Senjata ini mampu menyegel makhluk apapun yang tertusuk, seseorang yang di segel totsuka akan terkurung selamanya di dalam genjutsu dunia mimpi mabuk.

Untuk melakukan serangan jarak jauh terkuat. Susano'o dapat melemparkan yasaka no magatama sebagai senjata terkuat yang memiliki 3 chakra tomoe yang menyatu.

Versi Sasuke:

Susano'o sasuke berwarna ungu. Selama sasuke belajar mengendalikan ini. Susano'o memiliki pisau chakra untuk menyerang. Setelah sasuke bisa mengendalikan susano'o, susano'o akan memiliki senjata busur panah yang berfungsi untuk serangan dan perisai.

Susano'o menghasilkan panah chakra dari tangan kanan. Melalui bola chakra yang di genggam tangan ketiga. Yang dapat di tembakkan dan memiliki kecepatan yang mustahil untuk di hindari target.

Desain busur itu berubah saat susano'o terbungkus sesuatu dan bola berubah menjadi gelap gulita.
Perkembangan susano'o sasuke lebih di sebabkan faktor kebencian dan dendam, aura susano'o yang di miliki sasuke lebih gelap dan mencekam di banding aura yang di miliki susano'o itachi. Selain itu wujud susano'o sasuke lebih menyerupai iblis di banding susano'o milik itachi,
Memiliki tanduk dan seringai yang kuat di tambah 5 atau 6 tangan. Memiliki gigi yang bergerigi dan anting-anting magatama di tambah cermin yata dan labu tempat pedang totsuka tersimpan.

Baru-baru ini sasuke kembali mengaktifkan susanoonya saat dia mampu membangkitkan EMS dengan dilengkapi yasaka magatama kecil digenggaman tangan susanoonya.

Versi Madara :

Susano'o Versi Madara

Satu lagi dalam anggota klan uchiha yang dapat membangkitkan Mangekyo Sharingan, yaitu Uchiha Madara. Madara juga dapat membangunkan Susanoonya sendiri setelah mendapatkan kemampuan mata mangekyou sharigan dikedua bola matanya. Nampak berbeda dengan versi milik itachi dan sasuke, Susanoo madara memiliki dua sisi tubuh yang berbeda yang disatukan di sepanjang tulang belakang mereka, yang memiliki perbedaan lengan dan wajah disisi tubuh lainnya. Salah satu bagian di wajahnya memiliki gigi taring di rahang atas dan satu tanduk menonjol dari dahinya, sementara yang lain memiliki gigi taring yang lebih panjang di rahang bawah. Memiliki empat lengan secara keseluruhan adalah perbedaan yang nampak terlihat dari susano'o milik madara, tapi seperti Susanoo lainnya, susano'o madara memiliki enam jari pada setiap tangannya, bukannya lima. Susanoo milik Madara diperkirakan dapat membentuk bagian tubuhnya secara sempurna dengan cepat jika dibandingkan dengan susano'o versi itachi maupun sasuke. Bukti ini terlihat ketika naruto menyerang madara menggunakan chou-oodama rasengan, kemudian susano'o dapat dikeluarkan dalam waktu sekejap. Tangan kanan Susano'o milik madara memegang sebuah pisau yang bergelombang. Susanoo Nya juga terlihat dapat membentuk segel tangan ketika yang dibagian akhir cerita yang dapat menarik asteroid jatuh ke bumi. Selain itu, susanoo milik madara juga dapat mengeluarkan teknik "yasaka magatama" beruntun dalam sekali tempo.

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Follow By Twitter

 

NRT LPU. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com