Selasa, 17 April 2012

5 Band Dunia Yang Mempunyai Aksi Panggung Yang Fenomenal di zaman-nya


Memang sebuah band yang sukses di dunia tidak hanya lagu-lagu yang hits,fashion,atau skill pemain itu sendiri..untuk aksi panggung yang secara live harus kita nilai..Dan ini ada beberapa dari saya band-band dunia yang mempunyai aksi panggung yang sangat bersejara dan fenomenal.
Pink Floyd


Pink Floyd, sebuah band yang masih berada diperingkat utama, dalah hal penampilan panggung. Band yang berasal dari Inggris ini terkenal dengan pemaduan tata lampu dan musik, sehingga mambangun suasana psychedelia yang sangat membius paran penonton. Dengan memasukan unsur fotografi dan tata lampu, adalah dua unsur yang mendominasi tata panggung mereka, dan hingga sekarang tidak ada yang mengimbangi dua
hal tersebut. Salah satu tata panggung dan penampilan mereka yang banyak dikenang adalah dalam album The Wall, yang membuatnya menarik adalah tur ini hanya dilaksanakan di empat kota.








Sex Pistol
Band Punk Inggris ini melakukan konser bertajuk, “The Gig That Changed the World,” Manchester’s Lesser Free Trade Hall, tahun 1976. Konser inilah yang membuka cakrawala musisi lainnya untuk mengekspresikan musik mereka sesuai dengan pakem musik yang buat sendiri. Sex Pistol adalah sebuah respon dari atmosfer dan industri musik progresif dan pop yang mewarnai era 70an. Mereka yang mengubah tatanan musik pop dan rock, sehingga dapat dinikmati dengan cara berbeda, tanpa harus memiliki skill standar akademi musik, dan tetap merupakan sebuah perlawanan literasi/budaya. Konser ini dianggap sebagai mitos ataupun legenda dalam scene punk, hanya dihadiri oleh 42 penonton, walaupun ratusan orang mengklaim hadir pada saat itu. Namun diantara yang hadir, mereka adalah pendiri-pendiri band seperti, Joy Division, The Smith, The Fall, dan The Buzzcock.


The Doors
Band asal Amerika yang merupakan simbol pemberontakan musik, literatur, dan ikon seks (Jim Morrison). Saat itu The Doors diminta untuk tampil secara live dalam program acara “Ed Sullivan Show”, sebelum pertunjukan itu berlangsung pihak stasiun televisi CBS mendatangi mereka. Pihak CBS meminta Jim untuk merubah lirik lagu Light My Fire pada bagian “Girl, we couldn’t get much higher” menjadi “Girl, we couldn’t get much better.” Pihak band menyetujuinya, namun pada waktunya Jim tetap menyanyikan lirik aslinya, saat itu sensor media pada hal-hal berbau provokasi memang tinggi. Akibatnya Ed Sullivan marah dan menolak untuk berjabat tangan dengan mereka. Dan Jim Morrison hanya berkata, “So what. We just did the ‘Ed Sullivan Show.”

The Who

Band the Who menjadi terkenal setelah mereka menghancurkan alat-alat musik dan perangkat musik lainnya yang ada di atas panggung, di setiap akhir penampilan mereka. Terutama saat penampilannya pada thanun 1967. Keith Moon, pemain drum, memasang bahan peledak pada perangkat bass drumnya. Hal itu ia persiapkan untuk menutup lagu My Generation,namun ia terlalu berlebihan dalam mengisi bahan peledaknya. Akibatnya pada saat bass drumnya meledak, rambut sang gitaris Pete Towshend terbakar, demikian juga pada bintang tamu Bette Davis. Sementara Keith Moon pun menderita gangguan pendengaran.




Queen

Freddie Mercury akan selalu dikenang sebagai salah satu vokalis terbaik dan memiliki karisma. Keceriaan dan keinginan yang senantiasa dituruti oleh para penonton, tidak banyak dimiliki oleh vokalis lainnya. Queen adalah band rock asal Inggris yang terkanl dengan musikalitasnya; multi track aransamen, harmonisasi vokal, dan sebuah band yang mampu secara sempurna mengajak partisipasi penonton untuk sebuah koor, ketika tampil secara live. Seperti pada lagu Bohemian Rhapsody/Radio Gaga yang dibuat medley, sebanyak 75,000 penonton yang hadir secara simultan dan bersamaaan menyanyikan lagu tersebut sesuai perintah Freddie, StadionWembley, tahun 1985.


Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Follow By Twitter

 

NRT LPU. Copyright 2012 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com